About Me

My photo
I love Fish World :)

Wednesday 13 April 2011

5 Penyakit Ikan Mas Koki


     Maskoki tidak diangerahi sistem kekebalan tubuh yang baik seperti para kerabatnya. seperti ikan mas, ikan koi dll. Beberapa penyakit terus mengincar, penyebabnya perubahan lingkungan dan menurunnya kualitas air.
     Dan penyakit-penyakit ini dapat juga terjadi pada ikan arwana dan ikan-ikan yang lain. Berikut 5 penyakit yang sering menyerang ikan maskoki:

1. White spot
Penyebabnya protozoa ( Ichyophirius multifilis ). Gejalanya,tubuh ikan tampak terdapat bintik-bintik putih. Lantaran gatal, ikan sering mengosok-gosokan badan ke dasar aquarium. Serangan itu semakin hebat tatkala terjadi perubahan suhu yang ekstrim. penyakit itu dapat ditanggulangi dengan memakai garam dapur.

2. Cacing anchor
Nematoda itu sering menyerang sirip dada dan dibawah sirip punggung. Biang keladi penyakit ini adalah Learnaea sp. Parasit yang suka membenamkan kepalanya itu menyebabkan pertumbuhan ikan terganggu lantaran mengisap sari-sari makanan ikan. Di sini, ia diatasi dengan formalin 25 ppm atau larutan sumithion 50EC dan Dipterex 50 EC. dosis 1 gr per kubik air.

3. Kutu air
Kutu air ini berbentuk bulat pipih, Argulus sp, gemar menghisap darah ikan. Ikan yang terserang menderita anemia, lalu mati. Cara untuk menanggulanginya sama seperti mengatasi cacing anchor.

4. Cacing kulit
Seperti infeksi sporozoa, penyakit ini menyerang insang. Penyebabnya trematoda dactylogyrus dan Gyrodactylus. Gejalanya, ikan yang terserang menunjukkan gejala berenang terentak-entak dan corak tubuh memudar. Jika dibiarkan akibatnya ikan akan mati. Penyakit ini dapat diatasi dengan larutan formalin
sebanyak 20 tetes per 5 liter air.

5. Infeksi sporozoa
Ada 3 jenis sporozoa yang sering menyerang, myxobolus, myxosoma, dan thelohanellus. Ketiganya menyerang insang hingga bengkak. Ia juga menghambat pertukaran O2 dan CO2. Bila kita memelihara ikan maskoki pada kolam, penyakit ini dapat dibasmi dengan penebaran kapur 200 gr per meter persegi saat pengeringan kolam.

Sumber: rafanaura.com

2 comments:

  1. Wah mas koki saya terserang kutu air lumayan besar melekat di bagian ekornya.

    ReplyDelete
  2. Jual produk-produk untuk pembenihan ikan dan udang al : Artemia, Spirulina, Ovaprim, Flake, Pakan powder, Multivitamin dll.
    Terima Kasih
    Yanto - Pemalang, Jateng
    HP. 0812 2841 280

    ReplyDelete