About Me

My photo
I love Fish World :)

Thursday 14 April 2011

IKAN BUNTAL


Ikan buntal pisang (Tetraodon lunaris) termasuk ke dalam famili tetraodontidae, yaitu memiliki bentuk tubuh bundar seperti bola, memiliki duri-duri kecil diperutnya dan memiliki empat buah gigi. Buntal pisang merupakan salah satu bahan baku yang digunakan dalam pembuatan berbagai jenis makanan terutama sashimi dan fugu, karena cita rasanya yang khas, lezat, gurih dan agak manis. Jenis buntal ini memiliki daging yang sangat elastis namun buntal pisang tersebut mengandung toxin yang tedapat pada empedu, hati, saluran pencernaan, telur dan ovari yang disebut tetrodotoxin (TTX)
. Toxin ini digunakan sebagai alat pertahanan diri di dalam tubuh buntal. Toxin ini sangat mematikan bagi manusia dan tidak dapat dihilangkan ataupun dirusak dengan proses pemanasan. Namun beberapa bagian tubuh dari ikan buntal aman dimakan dalam keadaan mentah maupun dimasak.

Analisis proksimat merupakan satuan metode analisis kimia yang mengidentifikasikan kandungan nutrisi, seperti kadar air, protein, karbohidrat, lemak, dan serat/mineral  pada suatu zat makanan yang terkandung di dalamnya. Analisis proksimat bermanfaat sebagai formulasi dan bagian dari prosedur kecernaan. Sumber energi dapat digolongkan dari sumber karbohidrat yang mempunyai kandungan kimia karbon, hidrogen dan oksigen, sedangkan protein berasal dari asam amino yang berisi 16% nitrogen.

Kadar air dalam bahan pangan sangat mempengruhi kualitas dan daya simpan bahan pangan tersebut. Oleh karena itu, penentuan kadar air dari suatu bahan pangan sangat penting dalam pengolahan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Abu merupakan zat oganik dari sisa pembakaran bahan organik. Penentuan kadar abu berhubugan dengan suatu mineral. Mineral yang terdapat dalam bahan pangan terdiri dari 2 jenis garam, yaitu garam organik, misalnya asetat, pektat, mallat dan garam anorganik misalnya karbonat, fosfat, sulfat dan nitrat. Proses untuk menentukan jumah mineral sisa pembakaran disebut pengabuan. Kandungan komposisi abu/mineral pada bahan pangan tergantung jenis bahan dan cara pengabuan.

Banyaknya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laju penurunan kualitas daging ikan, diperlukan teknik pengolahan bahan baku yang baik dan benar. Praktikum ini membahas mengenai karakteristik ikan buntal pisang dengan mengkaji aspek morfologi, laju kemunduran mutu dan rendemen pada jenis ikan buntal pisang serta uji proksimat daging ikan.

Sumber: lidiabayang.wordpress.com/2010/06/17/ikan-buntal-tetraodon-lunaris/

3 comments:

  1. Indah sekali bentuk ikan buntal ini.

    ReplyDelete
  2. Kecewa? Kalah melulu main di agen lain?
    Mari main disini saja di www(dot)updatebetting(dot)co

    ReplyDelete
  3. mari segera bergabung bersama kami,
    dan menangkan berbagai hadiah menarik lainnya,
    hanya di agen Fansbetting ^_^

    ReplyDelete